Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan H Widayat yang Hilang Ternyata Diambil Anaknya

Kompas.com - 22/01/2013, 21:40 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Dua anak almarhum Haji Widayat mengembalikan sebanyak 37 dari 141 buah lukisan milik museum H Widayat yang dikabarkan hilang beberapa waktu lalu. Saat ini lukisan-lukisan itu sudah kami simpan di tempat yang aman.

Namun, Kapolres Magelang AKBP Guritno Wibowo tidak menyebutkan nama dua ahli waris itu. Menurut Guritno, pengembalian lukisan tersebut merupakan langkah baik dari sengketa di antara ahli waris almarhum H Widayat. Karena itu, diharapkan langkah itu dapat diikuti oleh ahli waris lainnya.

Hingga kini, pihak kepolisian terus berupaya mencari solusi masalah sengketa warisan, salah satunya dengan memanggil sejumlah keluarga H Widayat untuk dimintai keterangan.

"Diharapkan upaya ini bisa menyelesaikan masalah, termasuk bisa menemukan aset-aset berupa lukisan yang hilang," kata Guritno, Selasa (22/1/2013).

Pengembalian sejumlah lukisan itu dibenarkan oleh Direktur Museum H Widayat, Fajar Purnomo Sidi atau Pungki. Pungki menyebutkan, kedua saudaranya yang mengembalikan lukisan-lukisan itu adalah Agung Wijanarko dan Yoke Saptohudoyo (putra almarhum Hendro Wardoyo).

"Ya, benar ada 37 lukisan yang dikembalikan, semuanya sudah ada di museum, tetapi harus diberi garis polisi guna penyelidikan pihak polisi," katanya saat dikonfirmasi.

Pungki menceritakan, kedua saudaranya datang membawa sendiri lukisan-lukisan itu menggunakan mobil boks ke museum yang terletak di Jalan Letnan Tukiyat, Kota Mungkid, Magelang, itu.

"Atas itikad baik, mereka datang kemudian menurunkan sendiri dan menata sendiri, bahkan melapor ke polisi sendiri kalau mereka telah mengembalikan sejumlah lukisan itu," katanya.

Meski demikian, Pungki mengaku belum mencabut laporannya kepada pihak kepolisian terkait hilangnya 141 lukisan.

Seperti diberitakan, sebanyak 141 lukisan karya H Widayat hilang di dalam museum pada Kamis (10/1/2013) lalu. Dugaan kuat hilangnya lukisan itu karena ada masalah internal keluarga sang maestro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com