Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Uang, Tim Sukses Cabup Pamekasan Dilaporkan

Kompas.com - 09/01/2013, 08:26 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sehari menjelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Pamekasan, Jawa Timur, diwarnai dengan bagi-bagi uang kepada warga oleh beberapa tim sukses salah satu pasangan calon.

Warga memang menerima uang itu, namun mereka kemudian melaporkannya kepada Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Kejadian itu ditemui di dua desa di Kecamatan Batumarmar, yakni Desa Bengsereh dan Desa Blaban.

Dua orang yang diduga tim sukses pasangan calon Achmad Syafii-Kholil Asyari, masing-masing Matlawi, Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara Bangsereh, di tempat pemungutan suara (TPS) 11. Satu orang lagi Bahrawi, asal Kecamatan Batumarmar. Kedua orang tersebut menyebarkan uang kepada warga masing-masing Rp. 15.000.

Keduanya juga mengajak agar warga mencoblos pasangan calon nomor 3, Achmad Syafii-Kholil Asyari pada 9 Januari 2013. "Mereka juga menekan warga agar tidak memilih dua calon lainnya, yakni Al Anwari-Kholil dan Kholilurrahman-Masduki (KOMPAK)" ungkap Fauzi, ketua Panwascam Batumarmar, Selasa (8/1/2013).

Karena ada praktek money politics, warga kemudian melaporkan kepada Panwascam. Uang yang diedarkan kedua orang itu kemudian dikumpulkan dan dijadikan sebagai barang bukti laporan kepada Panwascam.

"Barang bukti berupa uang tunai, rekaman pengakuan orang yang diberi uang sudah kita amankan," imbuh Fauzi.

Selain barang bukti, Panwascam juga menerima beberapa nama saksi yang juga korban money politics. Di Desa Bengsereh saksi-saksinya yakni Pak Sanito, Pak Holiyah dan Buk Holiyah. Sedangkan di Desa Blaban saksinya Rizal dan Apek.

Atas laporan itu, Panwascam Batumarmar akan melakukan kajian terkait dengan payung hukumnya. "Berkas sudah kita lengkapi dan dua orang terlapor akan dimintai klarifikasi setelah melakukan kajian," ungkap Fauzi.

Pemungutan suara Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Pamekasan dilaksanakan hari ini, Rabu (9/1/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com