Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Material Longsoran Berhasil Dibersihkan

Kompas.com - 05/01/2013, 11:37 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com — Timbunan material longsoran yang memutus akses jalur nasional di lintas selatan Pulau Jawa di Desa Panulisan, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (5/1/213), akhirnya dapat dibersihkan. Timbunan material lebih dari 24 jam menutup jalan.

Kepala Balai Pelaksana Teknis Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah wilayah Cilacap, Edy Gunawan, mengatakan, pihaknya melembur pembersihan jalur tersebut sepanjang Jumat malam kendati lokasi dilanda hujan deras. Meskipun demikian, jalur nasional tersebut belum bisa dilalui kendaraan lantaran kondisi jalan masih licin.

"Akses jalan sudah terbuka, namun masih ada tumpukan tanah di tepi jalan. Selain itu, kondisi jalan masih licin karena sisa-sisa tanah merah yang menjadi bagian longsoran," ujarnya.

Untuk itu, kendaraan masih dilarang melintasi jalan tersebut karena dikhawatirkan mengganggu pekerjaan membersihkan kerikil-kerikil dan tanah merah yang membuat jalan licin.

Pada Kamis (3/1/2013), tebing Gunung Tilu di Desa Panulisan, Kecamatan Dayeuhluhur, longsor dan menutup jalur utama di Desa Panulisan yang merupakan akses utama penghubung Jawa Tengah-Jawa Barat. Dua truk yang sedang melintas di jalur perbatasan dua provinsi ini terjebak longsor. Meski demikian, musibah ini tidak mengakibatkan terjadinya korban jiwa.

Upaya pembersihan timbunan material sudah dilakukan sejak Jumat, namun karena banyaknya material dan hujan deras, pembersihan baru selesai Sabtu dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com