Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Aceh Peringati Sewindu Tsunami

Kompas.com - 26/12/2012, 17:55 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Taman Pelajar Aceh Yogyakarta memperingati Sewindu peristiwa bencana Tsunami Aceh di titik nol Km, Rabu (26/12). Acara peringatan yang diberi tema "Gelombang Semangat dari Rantau" dimulai pukul 15.00 WIB dengan longmarch dari asrama Aceh Meurapiduwa Kotabaru - Jalan Malioboro dan berakhir di titik nol Km.

Ketua panitia peringatan sewindu Tsunami Aceh, Agam Zafina mengatakan, kondisi yang berubah sedemikian cepat di Aceh, membawa pengaruh negatif. Telah terjadi degradasi nilai di masyarakat Aceh. Pembangunan yang berorientasi fisik, ikut memperparah kondisi tersebut. Hal itu bisa dilihat dari sudah mulai lunturnya budaya gotong royong berganti dengan budaya cash for work.

"Keresahan itulah yang menginjeksi mahasiswa Aceh di Yogya untuk melahirkan sebuah gerakan budaya, melalui momentum peringatan Sewindu Tsunami Aceh," terangnya.

Selain itu, Agam menjelaskan bahwa peringatan ini juga sebagai bentuk usaha untuk merekonstruksi nilai-nilai ke-Acehan yang sudah mulai luntur. "Peringatan Tsunami selayaknya tidak lagi mengurai air mata, akan tetapi menjadi tonggak penyemangat untuk Aceh yang lebih baik," paparnya.

Dalam peringatan ini juga akan digelar doa bersama dalam bentuk bait-bait puisi untuk mempertegas kefanaan hakikat manusia dan besarnya kuasa Ilahi. "Nanti juga akan ada tarian tradisional masyarakat Aceh 'Ratoh Duek' yang dibawakan oleh 26 penari wanita, 12 penari pria dan 8 pemusik dengan badan penuh lumpur. Tarian ini bukan hanya menjadi simbolis, namun lebih pada menjadi stimulus bagi rekonstruksi kebudayaan Aceh," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com