Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Pilgub, Polda Jabar Siagakan 29.000 Personel

Kompas.com - 17/12/2012, 15:13 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Brigjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya menjamin keamanan dan kelancaran selama berlangsungnya proses pemilihan gubernur dan wakil gubenur (Pilgub) Jabar 2013, dari pembukaan hingga mencapai puncak pada 24 Februari 2013 mendatang akan berjalan dengan lancar.

"Saya pastikan perjalanan Pilgub 2013 aman, kondusif dan lancar. Pengaman tidak ada masalah," ujar Anis kepada wartawan usai menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pasangan cagub - cawagub 2013 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, di aula Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Senin, (17/12/2012).

Anis menyatakan, pihaknya mempersiapkan 29.000 personel untuk pengamanan Pilgub Jabar 2013. Jumlah tersebut disiagakan dari Polda Jabar, Polrestabes Bandung, polsek-polsek di Bandung serta satuan di 26 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Anis menambahkan, 29.000 personil tersebut akan dipecah untuk ditugaskan menjaga 7.000 tempat pemungutan suara (TPS) di 26 kabupaten/kota di Jabar. "Kita akan siagakan untuk terciptanya keamanan, ketertiban serta menghindari kericuhan saat berjalannya Pilgub," ungkap Anis.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar (Kombes) Polisi Abdul Rachman Baso didampingi Kasatreskrim AKBP Wijonarko, di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Senin (12/11/2012), lalu, menyatakan bahwa untuk pengaman Pilgub, polisi juga dibantu oleh aparat dari TNI dan Linmas.

Pengamanan ketat dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat berjalannya Pilgub Jabar. Terlebih lagi, kata dia, pada saat masa kampanye dan pemungutan suara di TPS, ketika proses perhitungan. Hal tersebut akan menjadi fokus aparat kepolisian dan TNI dan beberapa petugas keamanan terkait.

Saat ini, polisi tengah melakukan koordinasi dengan para petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar. Selain itu, berbagai strategi untuk pengamanan dan pencegahan tindakan anarkistis saat berjalannya pilgub.

"Kita telah menyiapkan pasukan dan berkoordinasi dengan matang, hal itu untuk mencegah percekcokan, keributan, kekerasan, dan berbagai macam tindakan anarkistis dan kriminal lainnya saat pilgub berlangsung," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com