Jumat, 18 April 2014

News / Regional

Garda Bangsa Usulkan PKB Usung Khofifah

Sabtu, 1 Desember 2012 | 09:39 WIB

Baca juga

SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi dukung mendukung cagub Jawa Timur mulai muncul di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Garda Bangsa mengusulkan agar PKB mengusung Kofifah Indar Parawansa menjadi calon gubernur Jawa Timur.

Salah satu badan otonom PKB itu menilai, Khofifah layak menjadi Cagub Jatim selain karena berpengalaman di pemerintahan, Khofifah adalah kader PKB dan representasi kalangan Nahdatul Ulama.

''Jatim sudah waktunya dipimpin kalangan nahdiyin, karena secara sosial politik, Jatim didominasi warga NU,'' kata Ketua Umum DKN Garda Bangsa, M Hanif Dhakiri, Jumat (30/11/2012) petang.

Sebagai kader NU, mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu juga memiliki massa pendukung riil, karena saat ini Kofifah menjabat sebagai Ketua Umum Muslimat NU.

''Elektabilitasnya di Jatim tidak perlu diragukan, tinggal memilih pasangan yang tepat saja buat Khofifah untuk merebut kursi gubernur Jatim,'' terangnya.

Sebelumnya, PKB merekomendasi dua nama kadernya untuk bertarung di Pilgub Jatim. Selain Khofifah, Wagub Jatim Saifullah Yusuf disebut layak menjadi calon yang diusung PKB.

Jajak pendapat termasuk dari kalangan ulama NU di Jawa Timut kini tengah dilakukan terhadap dua nama kandidat itu.

Khofifah Indar Parawansah pada Pilgub Jatim 2008 lalu berpasangan dengan Mujiono dari TNI. Dia menjadi lawan berat pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf hingga putaran ketiga Pilgub yang diputuskan Mahkamah Konstitusi digelar hanya di empat kabupaten di Pulau Madura.

Keputusan itu menyusul dugaan kasus pemalsuan Daftar Pemilih Tetap (DPT). (K15-11)


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Ervan Hardoko