Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Selatan Kembangkan Tembakau Virginia

Kompas.com - 22/11/2012, 18:33 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIADNA, KOMPAS.com - Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan kini tengah mendorong budidaya tembakau virginia. Keuntungan budidaya tembakau eskpor ini mencapai Rp 75 juta per 1,5 hektar.

Kepala Seksi Bahan Tanaman Bidang Produksi Dinas Perkebunan Lampung Selatan Siswanto, Kamis (22/11/2012), di Kalianda, mengatakan, budidaya tembakau virginia dikembangkan di sejumlah kecamatan, sejak dua tahun lalu. Luas lahan budidaya tembakau kualitas ekspor ini kini mencapai 62,5 ha. Lahan berada di Kecamatan Sidomulyo, Kalianda, Palas, dan Way Panji.

"Budidaya tembakau virginia ini sangat baik untuk mengisi kekosongan tanah di musim gadu, sehingga tanah tidak menganggur saat kemarau. Selain itu, juga padat karya. Butuh banyak tenaga kerja," tuturnya.

Budidaya tembakau virginia memang sangat cocok dilakukan saat musim kemarau, karena membutuhkan sinar matahari yang stabil tiap hari. Masa budidayanya di lahan pun sangat singkat yaitu dua bulan.

Harga tembakau virginia yang dibeli PT Export Leaf Indonesia ini mencapai Rp 34.500 per kilogram untuk kualitas terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com