Selasa, 29 Juli 2014

News / Regional

Eksekusi Unasman, 130 Haji Polewali Tertahan di Pinrang

Kamis, 22 November 2012 | 16:01 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Sebanyak 130 jemaah haji asal Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang akan pulang ke kampung halamannya, sempat tertahan di Pinrang, Sulawesi Selatan selama lebih dari 3 jam. Hal itu terjadi lantaran eksekusi kampus Al Asyariah Mandar (Unasman) di Polewali Mandar dikhawatirkan berujung rusuh.

Penjemputan jemaah haji yang dijadwalkan Kamis (22/11/2012) pagi hari, ditunda hingga siang lantaran jemaah haji tertahan di Pinrang. Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 15 ini baru melanjutkan perjalanan hingga ke Polewali Mandar. Itu setelah pihak kepolisian setempat memastikan situasi di Polewali Mandar aman karena rencana eksekusi yang mendapat perlawanan para dosen dan mahasiswa ditunda hari ini.

Panitia penjemputan dan pemulangan jemaah haji kloter 15 membenarkan jika ratusan jemaah haji asal Polewali Mandar sempat tertahan beberapa jam di Kabupaten Pinrang. Para jemaah haji diistirahatkan di Masjid Raya Al Munawir, Pinrang.

"Selain beristirahat, jemaah haji asal Pinrang memang sempat tertahan beberapa jam karena pemerintah meminta jemaah haji ditunda kedatangannya pagi hari," ujar H Hasan Manja yang mendampingi para jemaah.

Eksekusi kampus Unasman untuk yang kali ketiga Kamis hari ini kembali ditunda setelah pihak Unasman melakukan negosiasi kepada kepolisan dan eksekutor dari Pengadilan Negeri Polewali Mandar.


Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : Farid Assifa