Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPP-Hanura-PKS Dukung Ahmad Heryawan

Kompas.com - 08/11/2012, 15:46 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Dua hari menjelang tenggat pendaftaran peserta Pilkada Jawa Barat, tiga partai meresmikan koalisinya. Mereka adalah Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Hal itu dikemukakan dalam jumpa pers yang berlangsung di sebuah rumah makan di Bandung, Kamis (8/11/2012). Perwakilan partai yang hadir adalah Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Jabar Komarudin Taher, Ketua DPD Hanura Jabar Azhar Aum, dan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jabar Nur Suprianto.

"Kami sepakat untuk mendukung Ahmad Heryawan kembali maju dalam Pilkada Jabar," kata Azhar. Heryawan adalah gubernur petahana yang berasal dari PKS.

Jauh sebelum pendaftaran dibuka, PKS sudah menetapkan Heryawan sebagai calon gubernur Jabar 2013-2018. Menurut Komarudin, koalisi ini menjadi jawaban bahwa partai Islam bisa bersatu dalam menggabungkan suara demi memunculkan calon yang dianggap paling kredibel.

Menurut mereka, Heryawan adalah calon yang memiliki kapabilitas, elektabilitas dan popularitas sebagai calon gubernur. Dia membenarkan bahwa PPP tidak lagi mencalonkan kader mereka, karena Rahmat Yasin, Ketua DPD sekaligus Bupati Bogor, telah menyatakan tidak lagi berminat ikut Pilkada Jabar.

Penjelasan Komarudin dengan sendirinya juga mematahkan klaim Muhamad Aris Wibisono yang beberapa saat sebelumnya mendaftar ke KPU Provinsi Jabar. Dia mengklaim bakal menggaet PPP untuk maju ke Pilkada Jabar.

Nur mengatakan, deklarasi bakal dilakukan pada hari terakhir pendaftaran yakni Sabtu (10/11/2012) lusa. Deklarasi dimulai pukul 13.00 hingga 15.00 dan dilanjutkan dengan pendaftaran pada pukul 16.00 mendatang. "Kami juga membuka kesempatan bagi partai lain yang ingin bergabung dengan koalisi," kata Nur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com