Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Diajak Gemar Makan Ikan

Kompas.com - 07/11/2012, 14:57 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya terus mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Salah satu upaya melalui Gebyar Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang diselenggarakan di Taman Flora (Kebun Bibit), Surabaya, Rabu (7/11/2012).

Usaha mengkampanyekan makan ikan tersebut gencar dilakukan lantaran Pemkot Surabaya menyadari bahwa ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang murah dan mudah didapat. Selain memiliki kandungan protein tinggi, ikan juga mengandung kadar asam lemak tak jenuh, serta omega 3 yang kesemuanya baik untuk pertumbuhan maupun pengembangan kecerdasan otak, utamanya bagi balita dan anak-anak usia sekolah.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Surabaya, Samsul Arifin mengungkapkan, tingkat konsumsi ikan warga kota pahlawan tahun 2011 sebanyak 24,70 kg/kapita/tahun. Angka tersebut tergolong meningkat dibandingkan dari tahun 2011 sebelumnya mencapai 23,36 kg/kapita/tahun. Namun demikian, menurut Samsul, capaian itu masih dibawah target nasional yakni 31 kg/kapita/tahun. "Apalagi kalau disandingkan dengan Jepang yang konsumsi ikannya mencapai 68 kg/kapita/tahun, Surabaya masih jauh tertinggal," ujarnya.

Melihat fakta tersebut, Pemkot Surabaya semakin terdorong untuk mendongkrak produksi dan konsumsi ikan di tengah masyarakat. Beberapa langkah yang telah dilakukan antara lain, penebaran benih ikan di perairan umum, budidaya ikan di kolam terpal, urban farming, serta pemanfaatan boezem dan waduk.

Dikatakan Samsul, dengan adanya upaya tersebut, terbukti terjadi peningkatan produksi ikan air tawar. Tahun 2009, ikan yang dihasilkan mencapai 410,9 ton, tahun 2010 sebesar 512,5 ton. "Jumlahnya semakin meningkat pada tahun 2011, yakni mencapai 1.188,2 ton," terang Samsul yang juga selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Surabaya.

Lebih lanjut, Samsul juga menyampaikan hasil deklarasi Forikan se-Jawa Timur yang sepakat menggalakan konsumsi ikan dengan menetapkan setiap tanggal 17 sebagai hari makan ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com