Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temanggung Kembali Gelar Festival Budaya

Kompas.com - 02/11/2012, 16:04 WIB

TEMANGGUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, kembali akan menggelar Festival Budaya untuk merayakan Hari Jadi Ke-178 Kabupaten Temanggung dan memperingati Hari Pahlawan ke-67 pada 10 November 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Bekti Prijono di Temanggung, Kamis, mengatakan, festival budaya akan digelar pada 4 November 2012 di sepanjang jalan protokol antara depan kantor pos hingga Pandean.

Ia mengatakan, festival budaya keempat ini akan dilakukan perubahan yang mendasar, yakni jumlah kelompok yang tampil mulai dibatasi untuk mengutamakan kenyamanan pengunjung.

"Sudah kami pastikan akan tampil 70 kesenian tradisional. Segala macam kesenian tradisional yang ada di Temanggung semuanya diberi kesempatan" tuturnya.

Ia mengatakan, semua kelompok akan tampil di atas panggung yang disediakan panitia. Dengan pola ini, penonton tidak akan berjejal seperti tahun-tahun sebelumnya sehingga para penyaji dapat menjalankan aktivitasnya dengan leluasa.

"Selama tiga kali festival, penonton selalu berjubel di dekat pemain sehingga mengganggu pemain dan penonton yang ada di belakang. Sekarang mereka bermain di atas panggung yang cukup tinggi," katanya.

Ia menuturkan, festival ini merupakan upaya memberikan ruang yang lebih luas kepada pelaku seni tradisional yang ada di desa-desa untuk tampil di hadapan publik yang lebih besar.

Selain itu, festival juga ditujukan untuk memberikan hiburan gratis kepada masyarakat luas.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kabupaten Temanggung Witarso Saptono Putro mengatakan, peringatan hari jadi ke-178 mengambil tema "Dengan Semangat Hari Jadi Ke-178 Kabupaten Temanggung Kita Perkuat Rasa Persaudaraan Antarkomponen Masyarakat".

Ia menyebutkan, selain festival budaya, juga akan diselenggarakan kegiatan, antara lain kejuaraan renang tingkat provinsi pada 24-25 November 2012 di Pikatan Water Park, donor darah pada 7 November 2012 di Pendopo Jenar.

Pertandingan Voli Pelajar Tingkat SMA/SMKK pada 7-10 November 2012 di Stadion Bhumi Phala, Invitasi Sepak Bola Karyawan Unsur Muspida dan Organisasi 7-9 November 2012 di Stadion Bhumi Phala. Tahlil dan penggantian songsong makam Bupati Joyonegoro dilaksanakan pada 9 November 2012 di Pendopo Pengayoman dan di kompleks Masjid Agung Darussalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com