Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luas dan Kabupaten Heart of Borneo Bertambah

Kompas.com - 23/10/2012, 19:41 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Luas lahan yang masuk dalam kawasan penerapan Heart of Borneo (HoB) di Kalimantan, diperkirakan meningkat dari 12 juta hektar (ha) menjadi 16 juta ha. Karena itu, jumlah kabupaten yang masuk kawasan HoB juga bisa bertambah.

Ketua Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) HoB, Andi Novianto, di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Selasa (23/10/2012), mengatakan, pihaknya memiliki kriteria mengenai kawasan yang tepat untuk menjadi tempat pelaksanaan HoB. Kajian ilmiah sejauh ini menunjukkan, kawasan HOB bisa diperluas.

Penerapan HoB sebagai program pemanfaatan hutan berkelanjutan dan konservasi, akan diterapkan di Kalteng, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat. Jumlah daerah yang masuk dalam kawasan HoB di Kalimantan sebanyak 10 kabupaten, juga direncanakan bertambah menjadi 16 kabupaten.

Di Kalteng, empat kabupaten awalnya masuk kawasan HoB yakni Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, dan Barito Utara. Daerah-daerah itu akan ditambah dengan Kabupaten Kapuas dan Seruyan. Di Kalbar, terdapat tiga kabupaten yang masuk HoB namun tidak bertambah.

Sementara di Kaltim terdapat tiga kabupaten yang masuk HoB dan bisa bertambah.

Proses pelaksanaan HoB saat ini tengah menunggu persetujuan tiga gubernur di Kalimantan. Selain Kalimantan, kawasan HoB juga mencakup sebagian Malaysia dan Brunei.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com