Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2012, 11:01 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan Badan Anggaran DPR telah sepakat akan menaikkan rencana tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15 persen di tahun depan. Imbal baliknya, pemerintah menjanjikan akan menyediakan infrastruktur lebih baik.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan, pemerintah telah melakukan perbaikan pengalokasian komposisi anggaran pada RAPBN 2013 secara lebih baik. "Pemerintah dan DPR sepakat listrik itu bisa dinaikkan dan dinaikkannya itu 15 persen di tahun depan. Kenaikan TDL ini akan memberi tambahan Rp 11,8 triliun bagi sektor infrastruktur di tahun depan," kata Agus selepas Rapat dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin malam (22/10/2012).

Menurut Agus, rencana kenaikan TDL ini akan diserahkan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Untuk pelaksanaannya, Kementerian ESDM akan mengatur apakah akan naik per bulan atau per tiga bulanan.

Agus juga menjelaskan, anggaran infrastruktur di tahun depan ini sebesar Rp 213 triliun, naik 20 persen dibading tahun 2012. Angka tersebut merupakan angka anggaran infrastruktur tertinggi sejak reformasi. Untuk membangun infrastruktur tersebut, pemerintah akan melibatkan proyek dari Kementerian BUMN. Namun tidak menutup kemungkinan juga akan melibatkan pihak swasta.

Di sisi lain, pemerintah juga menargetkan penerimaan perpajakan dan kepabeanan tahun depan sekitar Rp 1.120 triliun. Begitu juga kenaikan dana transfer daerah yang naik menjadi Rp 520 triliun. "Ini menunjukkan ekonomi akan lebih baik ke depan," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com