Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Solo Demo Solidaritas

Kompas.com - 17/10/2012, 12:06 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Puluhan wartawan di Kota Solo menggelar unjuk rasa sebagai tanda solidaritas terhadap kasus kekerasan atas wartawan dan warga sipil lainnya di Riau, Rabu kemarin. Unjuk rasa digelar di Bundaran Gladag, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/10/2012) pagi ini.

Seperti diketahui, seorang perwira menengah dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin diduga menganiaya sejumlah wartawan yang berniat meliput peristiwa jatuhnya pesawat TNI Angkatan Udara Hawk 200 kemarin. Tindakannya dinilai merusak kebebasan pers yang dijamin undang-undang.

Unjuk rasa juga diwarnai aksi teatrikal wartawan yang dianiaya dan direbut kameranya, seperti tampak dalam sejumlah foto yang beredar yang menggambarkan aksi kekerasan itu.

Teatrikal digelar di sela-sela orasi yang disuarakan secara bergantian oleh para wartawan. "Kami menuntut pengusutan kasus-kasus kekerasan yang terjadi terhadap wartawan, baik di Riau yang baru saja terjadi maupun kekerasan lainnya yang hingga kini belum dituntaskan pengusutannya," kata Koordinator unjuk rasa, Asep Abdullah Rowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com