Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebersihan Laut Jadi Prioritas Pemkot Ambon

Kompas.com - 11/10/2012, 20:48 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon pada 2013 akan fokus untuk membersihkan sampah di pesisir Teluk Ambon. Hal ini dilakukan karena sampah di Teluk Ambon sudah semakin banyak di laut. Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (11/10/2012) mengatakan, penanganan masalah kebersihan laut, akan dijadikan sebagai program prioritas di tahun 2013.

"Pembenahan kebersihan di laut akan dilakukan tahun 2013, dan menjadi program prioritas Pemerintah Kota Ambon. Termasuk dengan pengadaan speed boad untuk angkut sampah, juga pemasangan saringan di sungai-sungai," kata Richard.

Disinggung sampah di sepanjang pantai Mardika yang bertepatan dengan adanya pasar Apung, Wali Kota mengatakan, pihaknya telah berupaya dengan menempatkan tempat pembuangan sampah di Pasar Mardika, namun kesadaran pedagang masih sangat kurang.

Menurut Richard, tingkat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah. "Masalahnya bukan banyaknya tempat sampah yang ditaruh di pasar, itu tidak terlalu penting. Yang terpenting tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah di laut," katanya.

Wali Kota Ambon melanjutkan, masyarakat yang membuang sampah tidak tepat waktu dan tepat sasaran adalah masyarakat yang tidak merasa memiliki Ambon. "Jika ada yang membuang sampah sembarangan, itu menandakan bahwa masyarakat itu tidak mencintai Kota Ambon dan tidak peduli dengan kebersihan lingkungan," tegasnya.

"Sekarang, aparatur pemerintah sudah jadi pesuruh dan pelayan untuk angkat sampah. Jadi saya minta tolong kepada semua masyarakat, tingkatkan kesadaran akan lingkungan yang bersih," tambah Richard Louhenapessy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com