Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Yogyakarta Berpegangan Tangan Dukung KPK

Kompas.com - 07/10/2012, 21:10 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan warga Yogyakarta dan mahasiswa bersatu berpegangan tangan mulai dari perempatan Tugu di Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro, hingga titik nol kilometer Yogyakarta, Minggu (7/10) malam.

Gerakan ini sebagai dukungan moral kepada Komisi Pemberantasan Korupsi yang akhir-akhir ini banyak dijegal berbagai pihak.

Gerakan yang berkembang melalui jejaring sosial ini menguat dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat Yogyakarta dari berbagai elemen serta mahasiswa berkumpul di sepanjang ruas perempatan Tugu, Jalan Mangkubumi-Jalan Malioboro-hingga titik nol kilometer Yogyakarta. Sambil berpegangan tangan, mereka menenteng kertas-kertas bertuliskan #SAVE KPK.

Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Ari Sudjito, yang turut berorasi di Jalan Mangkubumi, mengatakan, hanya rakyat yang bisa membela demokrasi agar tetap tegak. "KPK adalah lembaga yang kredibel sehingga harus didukung. Hanya dengan cara seperti ini KPK bisa diselamatkan," ujarnya.

Menurut Ari, upaya pembatasan KPK yang terjadi selama ini sama saja dengan pembunuhan terhadap demokrasi. Karena itu, rakyat akan membela KPK bukan sebagai lembaga, tetapi membela ideologi untuk memberantas korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com