Jumat, 28 November 2014

News / Regional

Bela KPK

Rakyat Yogyakarta Berpegangan Tangan Dukung KPK

Minggu, 7 Oktober 2012 | 21:10 WIB

Terkait

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan warga Yogyakarta dan mahasiswa bersatu berpegangan tangan mulai dari perempatan Tugu di Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro, hingga titik nol kilometer Yogyakarta, Minggu (7/10) malam.

Gerakan ini sebagai dukungan moral kepada Komisi Pemberantasan Korupsi yang akhir-akhir ini banyak dijegal berbagai pihak.

Gerakan yang berkembang melalui jejaring sosial ini menguat dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat Yogyakarta dari berbagai elemen serta mahasiswa berkumpul di sepanjang ruas perempatan Tugu, Jalan Mangkubumi-Jalan Malioboro-hingga titik nol kilometer Yogyakarta. Sambil berpegangan tangan, mereka menenteng kertas-kertas bertuliskan #SAVE KPK.

Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Ari Sudjito, yang turut berorasi di Jalan Mangkubumi, mengatakan, hanya rakyat yang bisa membela demokrasi agar tetap tegak. "KPK adalah lembaga yang kredibel sehingga harus didukung. Hanya dengan cara seperti ini KPK bisa diselamatkan," ujarnya.

Menurut Ari, upaya pembatasan KPK yang terjadi selama ini sama saja dengan pembunuhan terhadap demokrasi. Karena itu, rakyat akan membela KPK bukan sebagai lembaga, tetapi membela ideologi untuk memberantas korupsi.


Penulis: Aloysius Budi Kurniawan
Editor : Robert Adhi Ksp