Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit dan Rustriningsih Sama-sama Siap Jadi Gubernur

Kompas.com - 02/10/2012, 16:01 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

 

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Wakil Gubernur Rustriningsih sama-sama menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai gubernur dalam Pilkada Jawa Tengah 2013 (Pilkada Jateng 2013).

Kesanggupan disampaikan kedua tokoh itu saat hadir sebagai narasumber dalam seminar "Menakar Calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2013-2018" yang digelar Kelompok Diskusi Wartawan Jawa Tengah, di Semarang, Selasa (2/10/2012) ini.

"Tidak usah lama-lama, aku maju," kata Bibit singkat. Ia mengatakan, tidak butuh waktu lama untuk menjawab pertanyaan tentang kemungkinannya maju dalam pilkada mendatang.

Ketika ditemui seusai seminar, Bibit menegaskan, para tokoh yang akan maju dalam pilkada jangan hanya merasa mampu menjadi pemimpin.

Menurut dia, setidaknya ada empat syarat yang harus dipenuhi sebagai seorang pemimpin, yakni pinter (pintar), bener (benar), pener (tepat), dan kober (menyempatkan diri).

Kesiapan serupa juga diungkapkan Wakil Gubernur Rustriningsih. "Mohon doa restunya, saya siap maju dalam Pilgub 2013," ucapnya.

Analis politik Universitas Diponegoro Semarang, M Yulianto, mengatakan, dua tokoh tersebut meraih angka paling tinggi dalam hal popularitas dan elektabilitas.

Melihat kondisi itu, lanjut dia, posisi wakil gubernur yang akan mendampingi kedua tokoh tersebut bakal berharga mahal. "Wakil gubernur juga akan menentukan elektabilitas pasangan calon yang akan maju," ujarnya.

Yulianto melihat adanya tokoh lain yang mungkin muncul sebagai kandidat, yakni Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Hadi Prabowo. Meski demikian, kata Yulianto, terdapat banyak pertimbangan sehingga, jika terpaksa, maka pilkada hanya akan diikuti dua pasangan calon yang juga merupakan pejabat saat ini.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com