Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Sultra Kerja Sama dengan Liaoning

Kompas.com - 26/09/2012, 18:16 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menandatangani kerja sama perdagangan dengan Pemerintah Provinsi Liaoning, China. Salah satu investasi yang menjadi target adalah pembangunan pabrik pengolahan nikel di Kabupaten Konawe Utara.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Gubernur Sultra Nur Alam dan Wakil Gubernur Liaoning, Tan Zuo Jun, Rabu (26/9/2012) di Kendari, Sultra.

Nur Alam mengatakan, salah satu tahap awal untuk merealisasikan pabrik pengolahan nikel itu adalah membangun pembangkit listrik. Peletakan batu pertama pembangunan pembangkit listrik itu akan dilakukan Kamis (27/9/2012).

Pembangunan pabrik pengolahan nikel di Sultra dinilai menjadi jawaban untuk memberi nilai tambah pada kekayaan bahan tambang terbesar provinsi itu. Selama ini, sebagian besar nikel Sultra hanya diekspor secara mentah dalam bentuk bijih (ore).

"Pada akhir 2013, ekspor bahan mentah mineral akan dilarang. Karena itu, sekarang merupakan momentum tepat untuk merealisasikan industri pengolahan," kata Nur Alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com