Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Unggas di Wonosobo Mati Mendadak

Kompas.com - 20/09/2012, 11:44 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com- Ratusan unggas di Desa Plobangan, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, selama beberapa hari terakhir ditemukan mati mendadak, Rabu kemarin. Unggas-unggas seperti ayam, bebek, maupun entok milik sejumlah warga yang mati mendadak tersebut diduga terjangkit virus flu burung.

Kepala Desa Plobangan, Ismail, Kamis (20/9/2012), mengatakan, setelah temuan puluhan unggas mati mendadak tersebut banyak warga yang menderita sakit flu disertai demam, panas, dan batuk-batuk. Warga pun langsung memeriksakan diri ke puskesmas terdekat.

"Data sementara ada 97 warga di Desa Plobangan yang terindikasi menderita gejala flu burung dan sudah memeriksakan diri di Pos Kesehatan Desa (PKD)," ujarnya.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Wonosobo pun segera turun ke lapangan memastikan situasi tersebut. Hasilnya, ratusan unggas mati mendadak tersebut positif flu burung dan harus segera dimusnahkan. Selain itu, lanjut Ismail, dilakukan pula penyemprotan desinvektan di seluruh kandang unggas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com