Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Harimau Benggala Akan Ditukar

Kompas.com - 19/09/2012, 20:30 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Seekor harimau Benggala yang ada di Kebun Binatang Mangkang Semarang melahirkan empat ekor anak. Keempat anak harimau ini ditawarkan ditukar dengan kebun binatang lain yang belum punya harimau Benggala.

Kepala UPTD Kebun Binatang Mangkang Semarang Kusyanto mengatakan empat ekor anak harimau tersebut berasal dari sepasang harimau yang diberinama Manis dan Rangga. Harimau jenis ini merupakan harimau yang berasal dari wilayah India. Keempat anak harimau dilahirkan dalam kondisi sehat.

"Awalnya lahir dua ekor pada siang dan sore pada Selasa (17/9/2012). Saat itu induk harimau masih jadi satu dengan jantan dan kemudian dipisahkan agar anak harimau tidak dilukai oleh harimau jantan,"ungkapnya, Rabu (18/9/2012).

Pada malam harinya saat petugas bonbin melakukan pengecekan ternyata induk harimau kembali melahirkan dua anaknya. Perawatan anak harimau tersebut ujarnya akan dilakukan secara alami.

"Diusahakan perawatannya secara alami dan menyusu pada induk, sebab kalau memakai susu formula belum tentu cocok juga," tambahnya.

Ia menambahkan untuk sementara waktu akan merawat empat ekor anak harimau tersebut. Nantinya jika ada kebun binatang yang membutuhkan, bisa dilakukan tukar binatang agar menambah koleksi di masing-masing kebun binatang.

Meski begitu, jika memang tidak ada kebun binatang yang bisa diajak kerjasama untuk bertukar binatang, pihaknya akan tetap merawat binatang tersebut hingga besar.

"Akan dirawat sendiri, hanya saja akan menambah kandang yang ada. Selain itu juga akan dipisahkan antara jantan dan betina sehingga nantinya memiliki kandang masing-masing," jelasnya.

Anak harimau dan induknya saat ini ditempatkan di ruang tersendiri dan belum diperbolehkan dilihat banyak orang untuk sementara waktu. Sebab ditakutkan harimau akan terganggu jika dilihat banyak orang sehingga tidak mau menyusui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com