Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Gurita, Ayah Empat Anak Dimangsa Hiu

Kompas.com - 13/09/2012, 01:53 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Seorang nelayan, Yusnadi (42), tewas dimangsa hiu ketika menyelam mencari gurita di perairan Pulau Siumat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Rabu (12/9/2012).

Kepala Polres Simeulue Ajun Komisaris Besar Parluatan Siregar melalui Kepala Polsek Teluk Dalam Ipda Zulfahmi saat dihubungi di Sinabang membenarkan Yusnadi, warga Desa Luan Balu, Kecamatan Teluk Dalam, tewas dimangsa ikan hiu ketika sedang mencari gurita.

Ayah beranak empat tersebut tidak tertolong setelah pinggul, pinggang dan lengan kanannya dimakan hiu.

Almarhum langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah di Sinabang yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari lokasi kejadian.

Disebutkan, pada saat itu korban bersama tiga rekannya, Darul Amin (40), Didi Isman (22), dan Adi (22). Mereka sedang menyelam mencari gurita yang merupakan pekerjaan sehari-hari.

Darul Amin menjelaskan, kejadian yang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB itu begitu cepat sehingga mereka tidak bisa berbuat apa-apa, dan hanya bisa menolong setelah korban tidak berdaya lagi.

"Kami berempat menyelam mencari gurita, tiba-tiba kami mendengar jeritan hanya satu kali, setelah itu kami melihat korban berada dalam air berwarna merah," kata Darul.

Darul memperkirakan, ikan hiu tersebut kira-kira sepanjang empat meter karena melihat dari posisi gigitannya yang besar dan sekali gigit, banyak daging yang hilang.

Pada saat itu, Yusnadi sedang menyelam dengan kedalaman 11 meter dan ditemani dua rekannya, tetapi berpencar dengan jarak masing-masing lebih kurang 30 meter.

Dikatakan, dua hari sebelum kejadian, Yusnadi bersama empat rekannya pernah melakukan penyelaman untuk mencari gurita.

"Kami selalu berempat bila mencari gurita. Dua hari lalu kami sudah menyelam di lokasi itu dan alhamdulillah tidak ada apa-apa," katanya.

Zulfahmi menyatakan, sebelum dikebumikan, korban dibawa ke rumah sakit untuk keperluan visum.

Ia juga mengimbau agar nelayan berhati-hati saat melaut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lima tahun lalu, salah seorang penyelam teripang tewas setelah kaki dan tangannya raib diterkam ikan hiu di perairan Pulau Siumat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com