Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Sahuleka Hangatkan Ambon

Kompas.com - 08/09/2012, 23:53 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON,KOMPAS.com  - Melalui lagu-lagu hitsnya dan sejumlah lagu Ambon, penyanyi Belanda berdarah Maluku Daniel Sahuleka "menghangatkan" Ambon, Maluku, Sabtu (8/9/2012).

Melalui sejumlah lagu yang dinyanyikannya, pesan damai pun diwartakan. Daniel menggelar konser tunggal di Taman Budaya, Ambon, Maluku, Sabtu malam. Ada 13 lagu yang dinyanyikannya dalam konser berdurasi dua jam itu. Lagu hitsnya, Don't Sleep Away dan You Make My World So Colorful termasuk di antaranya selain lagu Ambon, seperti La Ikan Gabus dan Lembe-lembe.

Ratusan warga Ambon yang memenuhi ruangan auditorium dengan kapasitas 700 tempat duduk, dibuat kagum dengan penampilan Daniel. Tidak hanya karena suaranya yang khas tetapi juga penampilannya di panggung dan interaksinya dengan penonton yang kerap membuat penonton tertawa.

Meski berkewarganegaraan Belanda, Daniel berinteraksi dengan penonton menggunakan Bahasa Indonesia. "Saya kagum dengan perkembangan Ambon. Saya juga merasa terhormat karena ayah saya asli Ambon. Malam ini Pesta Katong (kita) dengan Katong (kita)," ujar pria yang baru pertama kali ini menginjakkan kaki di Ambon tersebut.

Terkadang dia menggunakan Bahasa Inggris juga untuk berinteraksi dengan penonton dari Australia yang datang. Para penonton asing ini merupakan bagian dari asosiasi veteran tentara Australia yang pada perang dunia II berjuang di Ambon.

Dari beberapa lagu yang dinyanyikan, Daniel pun menyampaikan pesan damai. Lagu itu berjudul What's Tt All About. Dari lirik lagunya, dia menyayangkan pertikaian yang terjadi hanya karena beda agama. Kebencian hanya akan membuat perpecahan. Di ujung penampilan, dia juga menyanyikan lagu Gandong, lagu Ambon tentang persaudaraan antarorang Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com