Rabu, 23 Juli 2014

News / Megapolitan

Perhatian Foke pada Petugas Damkar

Senin, 27 Agustus 2012 | 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta yang sedang dilanda bencana kebakaran di beberapa tempat belakangan ini membuat Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memberikan perhatian pada petugas pemadam kebakaran. Setelah memberikan santunan kepada petugas pemadam yang mengalami kecelakaan saat bertugas, kini pria yang akrab disapa Foke itu memberikan semangat kepada peserta diklat Teknis Substantif Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta.

Foke ikut hadir dalam upacara pembukaan diklat tersebut yang berlangsung di lapangan UPT Pusdiklat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Ciracas, Jakarta Timur. Pada kesempatan itu, Foke memberikan dorongan semangat kepada peserta diklat.

"Apa Kabar?" tanya Foke.

"Luar biasa!" jawab peserta Diklat.

"Siapa Kita?" Foke kembali bertanya.

"Damkar, damkar, damkar jaya," jawab peserta.

"Bagaimana situasi?" tanya Foke.

"Siap siaga," jawab peserta.

Foke pada kesempatan itu juga mengingatakan agar petugas pemadam kebakaran selalu siap menghadapi bencana kebakaran yang marak terjadi.

"Kebakaran yang terjadi menjadi pelajaran agar lebih siap mengantisipasi dini kebakaran yang marak terjadi di Ibu Kota Jakarta," kata Foke di hadapan peserta diklat, Senin (27/8/2012).

Foke menyampaikan, dari sejumlah kasus yang terjadi, mayoritas penyebab utama terjadinya kebakaran didominasi oleh korsleting listrik dan beberapa faktor lainnya.

"Dari sejumlah kasus prosentasi tertinggi disebabkan hubungan arus pendek listrik, kemudian dari kompor meledak, lampu dan lain sebagainya," tutur Foke.

Mengingat ancaman kebakaran yang tinggi, Foke mengharapkan, melalui diklat tersebut agar semakin bermanfaat, dan manfaat tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat Jakarta.

"Musibah kebakaran bukan ancaman kosong belaka. Ini menjadi dorongan yang serius untuk menyelamatkan jiwa dan harta benda," ucap Foke menegaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Provinsi DKI Jakarta Paimin Napitupulu mengatakan, tujuan dari diklat tersebut yakni untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis, membina sikap mental, dan meningkatkan kompetensi kinerja petugasnya. Sehingga meningkatkan profesionalitas anggotanya dalam bertugas.

Gubernur DKI ditemani Kadis Damkar DKI Kemudian meninjau perlengkapan yang dimiliki Dinas Pemadam kebakaran. Foke sempat mencoba menghidupkan Fire Motor, yakni sepeda motor pemadam kebakaran, dan mengendarainya.

Diklat petugas pemadam kebakaran itu diikuti 613 peserta yang meliputi Diklat Damkar I berjumlah 455 personel, Diklat Kepala Peleton sebanyak 50 personel, Diklat Kepala Regu sebanyak 50 personel, Medical First Responder sebanyak 30 personel, dan penyidik kebakaran sebanyak 28 personel.

 


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Ana Shofiana Syatiri