Selasa, 16 September 2014

News / Regional

Danau Kelimutu

Danau Kelimutu Berubah Warna

Senin, 20 Agustus 2012 | 08:25 WIB

ENDE, KOMPAS.com — Fenomena alam yang menakjubkan kembali terjadi. Danau Triwarna Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, berubah warna, Minggu (19/8/2012).

Dari pengamatan di lapangan, perubahan warna itu terjadi pada salah satu danau kawah, Tiwu Nua Muri Koo Fai, yakni dari warna hijau muda menjadi hijau muda keputih-putihan. Sedangkan pada dua danau kawah yang lain, yaitu Tiwu Ata Polo masih dalam posisi berwarna hijau tosca, dan Tiwu Ata Mbupu berwarna hijau lumut kehitaman.

Pada pertengahan Desember 2011, danau kawah di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut itu juga berubah warna, yaitu pada Tiwu Nua Muri Koo Fai dari hijau tosca ke kulit telur asin. Bahkan, pada Oktober 2009 warna ketiga danau nyaris sama, yakni hijau muda.

Sekadar diketahui, untuk danau kawah Tiwu Ata Polo, perubahan ke warna hijau terjadi pada Desember 2008, yang sebelumnya berwarna coklat kehitaman. Selanjutnya, sampai saat ini danau kawah yang diyakini oleh masyarakat etnik Lio, Ende, sebagai tempat arwah jahat itu sering berubah warna dari hijau tua ke hijau tosca, atau sebaliknya.

"Warna hijau muda keputih-putihan itu mulai terjadi sekitar seminggu sebelum Lebaran," kata penjaga Taman Nasional Kelimutu, Markus Ghawa, Minggu (19/8/2012) di Ende.

Sejumlah kalangan meyakini ada hubungan antara perubahan warna Danau Kelimutu dan ramalan akan terjadi sesuatu yang penting di suatu negara atau Indonesia sendiri. Di hari yang suci ini, diharapkan perubahan warna ini tentunya sebagai pertanda baik atau positif.


Penulis: Samuel Oktora
Editor : Agnes Swetta Pandia