Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Tanam Mangrove di Pantai Mangunharjo

Kompas.com - 30/06/2012, 14:10 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -  Mahasiswa Pecinta Alam (Wapeala) Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/6/2012) melakukan penanaman mangrove di pantai Mangunharjo, Kelurahan Mangkang, Kota Semarang.

Menurut aktivis pecinta lingkungan Wapeala Undip Semarang, Tiara, penanaman mangrove ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya guna menghijaukan sebagian pantai Mangkang.

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa tergabung dalam Wapeala itu berlangsung mulai pukul 08.00. Jumlah tanaman mangrove yang ditanam mencapai 2.000 pohon.

Kegiatan penanaman mangrove juga mendapat bantuan dari warga setempat. Warga yang tergabung dalam Kelompok Petani tambak Rejomulyo diketuai Sururi langsung membantu kegiatan penanaman mangrove.

Upaya mengembalikan biota kawasan pantai di Kota Semarang, hingga kini menjadi perhatian serius para pecinta lingkungan. Pasalnya hampir 60 persen hutan mangrove di sepanjang pantai Semarang telah rusak.

Dari sekitar 3.600 hektar lahan mangrove yang mestinya dipertahankan sebagai hutan mangrove, sekitar 2.000 hektar di antaranya  mengalami kerusakan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com