Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Kerusuhan, Mahasiswa Uncen Mengungsi

Kompas.com - 14/06/2012, 19:21 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pascakerusuhan yang terjadi pada pagi tadi, ratusan orang mahasiswa Universitas Cenderawasih yang tinggal di asrama putra dan Rusunuwa Perumnas III, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Kamis malam mengungsi ke rumah-rumah keluarga dekat di ibukota Provinsi Papua itu.

Alberth salah seorang mahasiswa Uncen yang bermukim di asrama putra unit tiga, mengatakan rekan-rekannya yang berjumlah ratusan orang telah mengungsi kesejumlah rumah sanak keluarga di Jayapura.

"Tadi saya ke asrama, tapi sudah tidak ada teman-teman. Mereka semua sudah mengungsi ke keluarga terdekat. Asrama sepi tidak ada penghuni, saya juga takut terjadi sesuatu nanti jika tinggal di asrama," kata Alberth, Kamis (14/6/2012).

Mahasiwa teknik sipil ini juga mengatakan selain teman-teman asrama yang mengungsi, sejumlah warga sekitar juga ikut mengungsi. "Tadi teman saya juga yang kos untuk sementara waktu tinggal dengan keluarga di Jayapura, termasuk beberapa warga Perumnas III pada mengungsi," katanya.

Senada itu, Evelyn Marani mahasiwa ilmu pemerintahan Uncen mengaku semua rekan-rekanya yang tinggal diasrama putra dan putri termasuk yang tinggal di rusunuwa juga telah mengungsi sejak sore tadi pascarusuh.
"Teman-teman takut, jangan-jangan malam hari terjadi penembakan," katanya.

Sementara itu, Antara Jayapura melaporkan, situasi kompleks Perumnas III pada Kamis sore hingga malam hari lengang pascakerusuhan pagi tadi.

Kelengangan itu ditandai tidak adanya angkutan kota maupun jasa ojek motor yang biasa mangkal dan lalu lalang di seputar Perumnas III.

Hanya terlihat warga sekitar yang bergerombol dan menyaksikan pihak aparat kepolisian yang tengah mengambil data atau olah TKP.

Aktivitas kampus Universitas Cenderawasih Waena juga tidak terlihat, pelajar SMP yang tak jauh dari lokasi kejadian juga telah pulang. Rumah toko, warung makan, mama-mama penjual sayur pun tidak terlihat berdagang.

Sejumlah anggota Brimob dan Kepolisian setempat lengkap dengan atribut termasuk senjata juga tengah berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian, termasuk di Jalan SPG menunju Jalan Kampwolker Perumnas III.

"Iya, tadi beberapa waktu setelah kejadian pelajar dan mahasiswa Uncen sudah pulang dan tidak kuliah pada hari ini," kata Lurah Yabansai, Rita Aneke Olua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com