Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Galian Citos Belum Kantongi Izin

Kompas.com - 01/06/2012, 16:06 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan galian gorong-gorong di depan Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, untuk sementara dihentikan. Penghentian tersebut dilakukan atas permintaan pihak kepolisian lantaran dampaknya telah mengakibatkan kemacetan parah pada pagi hingga siang hari ini.

"Pekerjaan galian saluran air tersebut kami hentikan sementara karena mengakibatkan kemacetan parah. Selain itu, pengerjaan galian tersebut pun tidak ada kordinasi untuk izin dengan pihak kepolisian dan sosialisasi pun tidak ada," kata Komisaris Sungkono, Wakil Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (1/6/2012).

Ia menjelaskan, proyek-proyek pengerjaan jalan dan proyek lain yang bersinggungan dengan jalan raya harus didahului pemberitahuan kepada pihak kepolisian. Tujuannya agar pihak kepolisian bisa melakukan koordinasi, misalnya terkait waktu pengerjaan yang tidak mengganggu lalu lintas umum. Selain itu, informasi kepada masyarakat pengguna jalan juga harus diberikan.

"Setidaknya sebelum titik pengerjaan galian harus ada spanduk pemberitahuan, sebagai bentuk informasi kepada masyarakat karena kalau tidak ada sosialisasi atau pemberitahuan, kasian juga masyarakat yang terjebak macet," kata Sungkono.

Menurut dia, proyek tersebut seharusnya dikerjakan antara pukul 21.00 - 05.00, saat volume kendaraan yang melintas berkurang. Karena itu, ia mengaku terkejut proyek di jalur rawan macat itu dikerjakan mulai pagi hari.

Ia menjelaskan, pihaknya mendapatkan banyak keluhan dari pengguna jalan yang terjebak macet dan perjalanannya terganggu akibat proyek galian di depan Citos. Namun, ia sendiri tidak mengetahui pihak mana yang bertanggung jawab secara langsung atas proyek tersebut.

Sebelumnya, kemacetan parah sempat terjadi di sejumlah jalan utama di wilayah Selatan. Dampaknya terasa juga hingga ke Jakarta Timur. Khusus untuk jalur jalan tol, imbasnya bahkan mengakibatkan antrian panjang hingga ke pintu tol Cikunir, Bekasi.

Salah seorang perwira polisi mengaku sempat terjebak kemacetan selama tiga jam di jalan tol TB Simatupang. "Biasanya cuma sejam. Hari ini macetnya sangat parah," kata Komisaris Aswin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com