Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi Lamongan Dominasi Lima Besar Jawa Timur dan Nasional

Kompas.com - 26/05/2012, 08:43 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com - Hasil ujian nasional tingkat SMA di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur tahun ini sangat baik. Tingkat kelulusan mencapai 99,99 persen, dari 9.548 siswa hanya satu tidak lulus. Secara kelembagaan sekolah, rata-rata nilai kabupaten, maupun prestasi perorangan siswa, dan per bidang minat, Lamongan mendominasi lima besar tingkat Jawa Timur dan Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Agus Suyanto, Sabtu (26/5/2012) menyebutkan, di tingkat nasional nilai rata-rata kabupaten Lamongan masuk peringkat ke-3 dengan nilai rata-rata 8,49. Rata-rata sekolah SMA Negeri 2 Lamongan peringkat pertama (9,19), SMA Negeri 1 peringkat ke-3 (9,09), sedangkan tingkat SMK di urutan ke-2 yakni SMK Negeri 1 Lamongan (9,19) di bawah SMK Pacet Mojokerto (9,20).

Secara perseorangan di program bidang minat Ilmu Pengetahuan Alam ada tiga siswa yang bagus prestasinya. Novi Wulandari meraih nilai 58,50 peringkat 2 nasional dan peringkat 1 Jatim. Anggi Arsandi Aprilianto dengan nilai 58,45 peringkat ke-3 jatim ke-7 nasional, sedang Sri Rahayu (58,20) peringkat 17 nasional. Nur Uthfi Khumairo siswa SMK Negeri 1 Lamongan masuk peringkat 3 Nasional dan 2 Jatim dengan nilai 38,53 untuk bidang Akuntansi.

"Kami mengupayakan mereka yang berprestasi nasional dan dari kalangan keluarga tidak mampu seperti Novi dan Uthfi bisa melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi. Mereka aset daerah," kata Agus. Sementara di Bidang IPS Vivi Hayuningtyas Landyasari siswa SMA Negeri 1 Lamongan masuk peringkat 5 Jatim.

Iffatu Masrura Al Hakmi dari SMA Negeri 2 Lamongan masuk peringkat 3 Jatim untuk program Bahasa dengan nilai 54,85. Di tingkat Jatim, untuk nilai total rata-rata untuk lembaga sekolah program IPA Lamongan menduduki peringkat 1 yakni SMA Negeri 2 Lamongan (55,79). Di Program IPS SMA Negeri 1 Lamongan peringkat 1 (54,43), SMA Negeri 2 peringkat 3 (53,89), dan SMA Persatuan Lamongan peringkat 5 (53,71).

Pada program Bahasa SMA 2 Lamongan peringkat 3 (51,08). Kepala SMA Negeri 2 Lamongan Khusnan M Zainuddin merasa bangga dengan prestasi anak didiknya dan sekolahnya secara kelembagaan. "Ini meningkat dari tahun lalu, karena tahun lalu siswa kami ada yang peringkat 9 Nasional," katanya.

Kepala SMK Negeri 1 Lamongan, Ali Mudjiono juga merasa bangga atas prestasi sekolah dan anak didiknya. Apalagi Uthfi yang masuk tiga besar nasional selama ini juga peringkat 1-3 di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com