Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alamak, 'Motor Siluman' Masuk SPBU

Kompas.com - 16/05/2012, 13:10 WIB
Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Larangan pembelian bahan bakar minyak (BBM) di jeriken di SPBU Sofifi, Maluku Utara ternyata tidak membuat warga kehabisan ide. Mereka merakit tangki motor lebih besar lagi. Pengamatan di SPBU Sofifi, Rabu (16/5/2012), motor-motor yang disebut 'motor siluman' itu sudah mencapai lima unit.

Diduga, jumlah motor siluman yang membeli BBM di SPBU  Sofifi mencapai belasan motor. "Orang di sini sudah tidak kaget bos. Di sini banyak motor begitu masuk di sini. Jadi bukan lagi hal baru bagi orang sini," ujar Mahruf, salah satu warga setempat.

Pemilik "motor siluman" itu merakit sendiri tangki motornya menjadi lebih besar. Tentunya, kapasitas minyak yang diisi jauh lebih banyak dari tangki biasa. Yang menarik, motor jenis bebek disulap mirip motor Harley Davidson. Dari depan hingga belakang semuanya dilas sedemikian rupa, agar bisa diisi BBM lebih banyak. Hanya bagian tengahnya sedikit saja yang diberikan ruang untuk tempat duduk pengendara.

Motor-motor siluman ini jarang sekali ditemukan di jalan raya. "Waduh motor begini kalau dibawa jalan-jalan nanti dapat tilang bos," aku JI, salah satu pemilik motor siluman. JI enggan memberikan keterangan tentang alasannya merakit tangki motor sedemikian rupa. Namun setelah ditelusuri, JI ternyata memiliki depot BBM yang menjual BBM enceran.

Rata-rata harga BBM enceran di Sofifi antara Rp 6000 sampai Rp. 7000 per botol. Diduga, pembelian BBM di SPBU menggunakan "motor siluman" itu untuk dijual kembali secara eceran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com