Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tahap Kembangkan Maluku Sebagai Lumbung Ikan

Kompas.com - 05/02/2012, 17:40 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat empat tahapan yang harus dilalui untuk mengembangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional. Penetapan Maluku sebagai lumbung ikan nasional itu sendiri seperti sudah diketahui, sudah dilakukan Pemerintah Pusat sejak tahun lalu.

Keempat tahap itu adalah pengembangan wilayah berbasiskan pada peluang pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan,spesifik sumberdaya kelautan dan perikanan yang akan dikembangkan memiliki daya saing, penetapan bagian-bagian wilayah yang akan dikembangkan didorong untuk saling bersinergi, dan keempat, bagian wilayah dimantapkan dengan penerapan struktur pengembangan wilayah.

Ini disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo saat memberikan paket bantuan untuk pemberdayaan nelayan Maluku, di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Ambon, Maluku, Minggu (5/2/2012).

Sinergi empat pihak pun harus dilakukan untuk mengembangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional. Keempat pihak itu adalah pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat, katanya.  

Maluku yang 92,4 persen wilayahnya berupa lautan, memiliki potensi perikanan mencapai 1,627 juta ton per tahun. Namun dari potensi yang ada, yang sudah dimanfaatkan atau ditangkap baru sekitar 20 persen atau sekitar 300.000 ton.     

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com