Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 32,2 Miliar Untuk Perikanan Maluku

Kompas.com - 05/02/2012, 13:48 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan menyerahkan 15 paket bantuan senilai Rp 32,2 miliar untuk pengembangan sektor perikanan di Maluku. Bantuan diharapkan bisa lebih meningkatkan sektor perikanan di Maluku yang tahun lalu ditetapkan sebagai lumbung ikan nasional.

Bantuan-bantuan ini diserahkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo kepada Pemerintah Provinsi Maluku, sejumlah pemerintah kota/kabupaten di Maluku, dan perwakilan nelayan, di Ambon, Maluku, Minggu (5/2/2012).

Bantuan itu diantaranya sembilan unit kapal nelayan dengan bobot masing-masing kapal 30 GT, 20 paket sarana perikanan tangkap, sertifikat hak atas tanah nelayan, dan dana pengembangan usaha mina pedesaan (PUMP) perikanan tangkap kepada 39 kelompok usaha bersama.

Selain itu, dana bantuan untuk pengembangan dan pen ingkatan infrastruktur perikanan pun diberikan, yaitu untuk pengembangan pelabuhan perikanan di Kepulauan Banda, dan untuk Pelabuhan Perikanan Eri di Ambon.

Bantuan ini sebagai wujud nyata Kementerian dalam mendukung Maluku sebagai lumbung ikan nasional dan upaya untuk mengoptimalkan industri perikanan di Maluku, ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com