Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surabaya Tambah Jalur "Car Free Day"

Kompas.com - 04/02/2012, 18:31 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya mengendalikan pencemaran udara dengan menambah jalur Car Free Day (CFD) di Kota Surabaya. Setelah menetapkan Jalan Raya Darmo dan Jalan Kertajaya, mulai Minggu (5/2/2012) besok, CFD juga akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan.

CFD, menurut Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Surabaya, Ison Martines akan dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. ''CFD di Jalan Tunjungan rencananya akan dilaksanakan rutin setiap hari Minggu pertama dan kedua setiap bulan,'' katanya, Sabtu (4/2/2012).

Pembukaan CFD besok akan dimeriahkan dengan senam pagi bersama dan dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Pemkot Surabaya telah menyiapkan segala sesuatu demi kenyamanan warga yang hendak berpartisipasi dalam CFD seperti mobil toilet dan pos kesehatan. ''Pemkot bersama Polrestabes Surabaya juga sudah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Jalan Tunjungan,'' tambahnya.

Arus kendaraan dari arah Jl Gemblongan yang akan menuju Jl Tunjungan diarahkan ke Jl Genteng Kali atau Jl Praban-Bubutan. Apabila terjadi kepadatan arus di Simpang Empat Jl Tunjungan-Genteng Kali maka arus dari arah Jl Blauran diarahkan ke utara masuk Jl Bubutan. Sedangkan dari Jl Kranggan dibelokkan ke kiri menuju Jl Bubutan.

Untuk mengantisipasi buangan arus lalin dari Jl Genteng Kali arah Jl Ngemplak, arus kendaraan dari Jl Undaan Wetan yang hendak menuju Jl Ngemplak ditutup dan diarahkan melalui Jl Ambengan ke timur.

Martines menambahkan, CFD digelar untuk mengajak masyarakat turut serta dalam pengendalian pencemaran udara sehingga kualitas udara yang layak hirup meningkat, serta meminimalisir dampak pemanasan global dan perubahan iklim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com