Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Seniman di Kota Tegal Terima Penghargaan

Kompas.com - 29/12/2011, 22:28 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com -- Sebanyak enam seniman di Kota Tegal, Jawa Tengah menerima penghargaan Anugerah Seni Budaya dari Pemerintah Kota Tegal, Kamis (29/12/2011) malam di Gedung Kesenian Kota Tegal.

Keenam seniman tersebut yaitu mendiang Wuryanto mendapatkan penghargaan Bintang Seni, Eko Tunas memperoleh penghargaan Pakarti Seni, Sumarning memperoleh penghargaan Pengabdi Seni Tari, Ki Sueb Karyono memperoleh penghargaan Pengabdi Seni Pedalangan, Widodo mendapatkan penghargaan Pengabdi Seni Lukis, dan Nurhidayat Poso mendapatkan penghargaan Pengabdi Seni Sastra.

Mereka merupakan tokoh-tokoh yang telah berpuluh-puluh tahun mengabdi pada dunia seni, dan menghasilkan karya yang diakui masyarakat nasional maupun internasional.

Dalam penyerahan penghargaan, mendiang Wuryanto diwakili isterinya, Srihatun. Eko tunas juga diwakili isterinya, Heppy Astuti, begitu pula Ki Sueb yang diwakili cucunya, Winarko.

Wali Kota Tegal Ikmal Jaya, atas nama seluruh masyarakat Kota Tegal, mengucapkan terima kasih, karena para penerima seni telah mengabdikan diri kepada dunia seni, dan membawa nama harum Kota Tegal. Terlebih pada era 1980-an, seni teater dari Tegal sangat terkenal.

Ia berharap generasi muda juga akan ikut mengembangkan seni di Kota Tegal. "Dengan demikian, ke depan Tegal bisa terkenal sebagai gudang seni, baik seni sastra, seni tari, maupun seni-seni yang lain," kata Ikmal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com