Selasa, 23 September 2014

News / Regional

Pembangunan Infrastruktur

Bali Mulai Bangun Jalan Tol

Rabu, 21 Desember 2011 | 13:18 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Jalan tol di Bali yang menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Pelabuhan Benoa, mulai dibangun, Rabu (21/12/2011). Pembangunan jalan tol itu ditargetkan selesai pada Mei 2013.

Pencanangan pembangunan jalan tol dikawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, siang tadi dihadiri antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Jalan tol tersebut memiliki panjang sekitar 12 kilometer dan dibangun di atas laut. Untuk itu, pembangunannya pun membutuhkan sekitar 18.000 tiang pancang beton sepanjang 18 meter dan berdiameter 60 sentimeter.

Jalan tol itu bisa dilalui kendaraan roda empat dan sepeda motor. Untuk mobil akan dikenai tarif Rp 10.000 dan sepeda motor Rp 4.000.

"Kelak jalan tol ini akan menjadi jalan tol terindah dan ikon Bali," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Akhmad Tito Karim dalam sambutannya. Pengguna jalan tol akan dibuat terpesona dengan pemandangan laut di kanan dan kiri jalan.

Pembangunan jalan tol ini membutuhkan dana Rp 2,49 triliun dari konsorsium BUMN yang terdiri PT Jasa Marga Tbk, PT Pelindo III, PT Angkasa Pura I, PT Pengembangan Pariwisata Bali, PT Wijaya Karya Tbk, PT Adhi Karya Tbk, dan PT Hutama Karya. Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung turut menanam saham masing-masing Rp 100 miliar. 

 


Penulis: Herpin Dewanto Putro
Editor : Robert Adhi Ksp