Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengangkatan Badan Jembatan Diserahkan ke Swasta

Kompas.com - 08/12/2011, 14:30 WIB
Harry Susilo

Penulis

TENGGARONG, KOMPAS.com Pengangkatan kerangka Jembatan Kartanegara yang runtuh ke Sungai Mahakam akan diserahkan ke pihak swasta setelah masa evakuasi berakhir. Namun, pengangkatan jembatan oleh swasta ini membutuhkan biaya besar.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengakui, biaya yang dibutuhkan untuk mengangkat badan jembatan Rp 12,5 miliar. Badan Nasional Penanggulangan Bencana rencananya akan membantu Rp 10 miliar, sedangkan sisanya dana dari Pemkab Kukar.

"Kita akan minta waktu mungkin 3-4 hari untuk mengangkat jembatannya. Mereka sudah biasa bekerja seperti untuk potong-potong kerangka di bawah air," kata Rita.

Menurut Rita, perusahaan yang akan diserahi mengangkat badan jembatan itu berada di Surabaya. Untuk teknis pengangkatan jembatan tersebut, Pemkab akan membicarakan lebih lanjut.

Di samping mengangkat badan jembatan, Pemkab juga membutuhkan biaya Rp 27 miliar untuk membangun dermaga kapal penyeberangan. Untuk itu, menurut Rita, Pemkab akan mengambil anggaran dari dana tak terduga APBD 2011 sebesar Rp 6,5 miliar. Selain itu, Pemkab juga menggalang dana dari forum pengusaha batubara Rp 4,65 miliar.

"Saya memang butuh dana untuk mengangkat jembatan ini, dan saya sudah menanyakan ke BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), sumbangan dari pengusaha diperbolehkan asal yang kelola bukan pemda," kata Rita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com