Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Music Expo Perdana di Peninsula

Kompas.com - 04/11/2011, 23:44 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR,KOMPAS.com - Indonesian Music Expo (IMEX) 2011 perdana bakal digelar di Pulau Peninsula, Kawasan Nusa Dua, Bali, mulai 7 November hingga 14 November. Acara ini juga memeriahkan Asean Fair yang menyambut KTT Asean Summit.

Sebanyak 40 kelompok musik bakal manggung. Mereka berasal dari beragam aliran musik. Kelompok itu antara lain, Gambang Kromong (Jakarta), Rindik (Bali), Kulintang (Sulawesi).

Untuk kalompok luar negeri antara lain dari Malaysoia, Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan. Mereka tampil bergantian dari pukul 17.00 Wita sampai malam sekitar pukul 22.00 Wita.

Franki Raden, penggagas IMEX 2011, menjelaskan di Denpasar, expo ini wujud keprihatinannya terhadap musik asli Indonesia yang terpuruk di negaranya sendiri. Padahal, musik Indonesia masih emiliki peluang besar masuk pangsa pasar dunia.

"Tetapi, ini belum terwujud. Baru beberapa kelompok saja yang sukses di mancanegara. Makanya ayo, memotivasi para kelompok ini," katanya.

Ia pun merencanakan akan menerbitkan buku panduan akses ke pasar dunia. Ia tengah menyusunnya dan rencananya bisa dibagikan ke seluruh kelompok di nusantara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com