Jumat, 22 Agustus 2014

News / Regional

Hewan Kurban

10 Domba Terkena Penyakit "Scabies"

Senin, 31 Oktober 2011 | 21:26 WIB

BREBES, KOMPAS.com - Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menemukan sekitar 10 domba yang akan dijual untuk hewan kurban, menderita penyakit scabies (kudis). Domba-domba tersebut ditemukan dalam pemeriksaan di kandang-kandang peternak, selama sepekan terakhir.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan Brebes, Jhoni Murahman, Senin (31/10/2011) di Brebes, mengatakan, hewan yang terkena scabies tidak layak untuk dijadikan hewan kurban. Oleh karena itu, domba-domba tersebut tidak boleh dijual.

Selain 10 domba, pihaknya juga menemukan empat sapi dan satu kerbau yang tidak layak untuk hewan korban. Sebanyak dua sapi dan satu kerbau teridentifikasi mengandung cacing hati, satu ekor sapi pincang, dan satu lainnya mengalami luka korengan.

"Ciri-ciri ternak yang terkena cacing hati, antara lain bulunya kusut dan berdiri, mata kekning-kuningan, dan tubuhnya kurus," ujarnya.

Penyakit cacing hati diperkirakan sebagai dampak penggembalaan ternak yang dilakukan sebelum pukul 09.00. Sebelum pukul 09.00, larva cacing masih menempel di rumput, sehingga apabila rumput itu dimakan ternak, cacing akan menular ke ternak yang memakannya.

Sementara itu, penyakit scabies banyak ditemukan sebagai dampak musim kemarau. Pada musim kemarau, banyak kandang yang kekurangan air, sehingga lingkungannya kotor dan memudahkan ternak terserang kudis.

Menurut dia, Dinas Peternakan Brebes akan terus mengintensifkan pemeriksaan ternak yang akan dijual untuk hewan kurban. Pengawasan dilakukan di kandang, pasar hewan, lapak-lapak penjual hewan ternak, masjid atau mushola tempat mengumpulkan hewan kurban, serta di lokasi pemotongan hewan.

"Hari ini kami juga memeriksa 17 lapak penjual hewan kurban di Kecamatan Brebes, dan belum menemukan hewan yang tidak layak kurban," ujarnya.

Sedikitnya terdapat 40 petugas yang siap melaksanakan pemeriksaan hewan ternak di Brebes. Mereka terdiri dari 17 mantri dan 17 petugas penyuluh lapangan (PPL) di 17 kecamatan, dan enam petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Brebes.


Penulis: Siwi Nurbiajanti
Editor : Agus Mulyadi