Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Gempa di Denpasar Capai Rp 1 Miliar

Kompas.com - 14/10/2011, 19:02 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Denpasar mencatat sedikitnya 19 bangunan mengalami kerusakan dampak dari gempa berskala 6,8 skala Richter, 13 Oktober. Bangunan itu berupa gedung sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintahan, rumah sakit, ataupun rumah-rumah penduduk yang mengalami retak tembok, genteng berjatuhan, hingga kaca-kaca pecah.

"Kami menaksir kerugian sekitar Rp 1 miliar," kata Kasubag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar Dewa Gde Rai.

Kerusakan bangunan, menurut dia, tersebar di empat kecamatan dengan kerusakan terparah terjadi di wilayah Denpasar Selatan. Korban luka-luka dari peristiwa ini sebanyak 56 orang. Hingga sore ini, lima korban di antaranya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah.

 "Kami akan menanggung seluruh biaya perawatan korban gempa. Selain itu, kami juga akan membiayai perbaikan kerusakan-kerusakan fasilitas umum, terutama sekolah-sekolah," jelas Dewa Gde Rai.

Sementara Wali Kota Denpasar IB Rai Mantra meluangkan waktu untuk mengunjungi sekolah-sekolah yang rusak tersebut. Ia pun merencanakan akan menjadwalkan latihan penanggulangan bencana untuk siswa di sekolah-sekolah di Denpasar secara periodik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com