Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Home Stay" Siap Disewa Saat Sail Wakatobi Belitong

Kompas.com - 10/10/2011, 13:54 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Di Belitong, Provinsi Bangka Belitung, saat ini sudah ada sekitar 50 home stay atau rumah penduduk yang disewakan kepada wisatawan. Home stay diperlukan terutama menjelang ajang "Sail Wakatobi Belitong" (SWB) 2011.

Menurut Kepala Diskominfo Babel K.A Tajuddin, kamar hotel yang tersedia tidak mencukup untuk menampung pengunjung SWB 2011. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat Belitong yang menyewakan rumahnya untuk menginap dapat meningkatkan pelayanan.

"Berikan pelayanan yang baik agar pengunjung dan peserta SWB nyaman," ujarnya di Pangkalpinang, Minggu (9/10/2011). Ia menjelaskan, usaha home stay ini mengalami peningkatan selama kegiatan SWB 2011.

"Saat ini, kegiatan SWB yang sedang berlangsung yaitu pameran produk-produk kerajinan, makanan khas, kesenian dan budaya yang tersebar di seluruh provinsi se-Indonesia," jelasnya.

Ia menuturkan kegiatan tersebut menjadi sebagai ajang investasi serta promosi budaya dan wisata bahari. Selain itu, pihaknya berharap melalui ajang ini dapat meningkatkan kunjungan wisawatan domestik dan mancanegara ke Belitong.

"Kegiatan bahari bertaraf internasional ini tentu berdampak baik bagi pembangunan ekonomi nasional, daerah serta akan meningkatkan kesejahteraan warga seiring meningkatnya kunjungan wisatwan ke daerah itu," katanya.

Pemerintah daerah, lanjutnya, terus melakukan pembinaan sumber daya manusia (SDM), bimbingan pengetahuan kepada masyarakat dan pemilik atau calon Pengelola Usaha Pariwisata Home Stay tentang cara pengelolaan dan persyaratan home stay yang baik.

"Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam menunjang pembinaan dan pengembangan usaha pondok wisata, serta memberikan bimbingan administrasi, teknis dan pelayanan kepada pengusaha home stay," tuturnya.  

SWB 2011 merupakan ajang bertaraf internasional yang telah digelar pada 6-13 Oktober 2011. Puncak acara rencananya akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyaksikan sekaligus melepas rally kapal yacth.

Rally tersebut yang diikuti 120 unit kapal yacth dari 20 negara. Selain itu terdapat lomba catur bawah laut dan kegiatan bertaraf internasional lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com