Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUI Siapkan 50 Dai Spesialis PSK

Kompas.com - 20/09/2011, 10:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Dalam rangka menekan jumlah pekerja seks komersial (PSK), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur membentuk Ikatan Dai Area Lokalisasi (Idial).

Para dai khusus inilah yang ditugasi memberikan pencerahan dan siraman rohani kepada puluhan ribu PSK yang menghuni puluhan lokalisasi di Surabaya dan daerah lain di Jatim.

Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Bukhori mengatakan, para dai yang tergabung dalam Idial rutin menggelar pengajian setiap bulan sekali di lokalisasi. Program itu hasil kerja sama dengan Pemprov Jatim melalui beberapa SKPD, yakni dinas sosial, biro administrasi kesejahteraan rakyat, dan biro administrasi kemasyarakatan setdaprov. “Hasilnya ternyata cukup efektif untuk memberi penyadaran terhadap mereka,” ujarnya, Senin (19/9/2011).

Saat ini, kata Abdusshomad, sudah terkumpul 50 dai spesialis PSK. Sebelum turun ke lokalisasi, mereka diberi pelatihan khusus. Agar strategi dakwahnya efektif menyadarkan PSK dan germo, para dai lebih banyak menyampaikan materi pengajian terkait masalah-masalah azab, siksa kubur, dan sanksi bagi ingkar menjalankan syariat.

Terobosan itu ternyata berbuah manis. Hal ini terlihat dari banyaknya PSK yang insaf di lokalisasi Dupak Bangunsari, yang dijadikan pilot project pengentas­an PSK oleh Pemprov Jatim.

Sebelum program itu digulirkan, terdapat sekitar 232 PSK dan puluhan mucikari di Bangunsari. Namun, setelah beberapa kali pengajian, ada sekitar 35 PSK yang insaf, dan mau pulang ke kampung halaman masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com