Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Purwakarta Minta Evaluasi, PT Jasa Marga Menolak

Kompas.com - 09/09/2011, 05:19 WIB

Purwakarta, Kompas - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meminta PT Jasa Marga mengevaluasi konstruksi dan kelengkapan Jalan Tol Purbaleunyi (bagian dari Tol Cipularang) terutama di ruas Kilometer 88-100. Meskipun dinyatakan aman dan memenuhi standar, kecelakaan masih berulang, dan sepekan terakhir merenggut sedikitnya tujuh nyawa.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Kamis (8/9), mengatakan, selain memiliki karakter tanjakan dan turunan, permukaan jalan di beberapa titik ruas itu kurang nyaman dilalui karena terasa bergelombang. Guncangan terasa saat melaju menggunakan kendaraan ringan (cc kecil) dalam kecepatan tinggi. Nani Mardiani dari Humas Pemkab Purwakarta sudah resmi mengirimkan permintaan evaluasi tersebut kepada PT Jasa Marga.

Di Jakarta, kemarin, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Frans S Sunito menegaskan, meningkatkan keselamatan lalu lintas di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang tidak harus dengan mengubah konstruksi Tol Cipularang sebab konstruksinya sudah benar.

”Patuhi dulu rambu-rambu yang ada. Jika semua pelintas sudah mematuhi rambu-rambu itu dan tetap terjadi kecelakaan, baru kita bicara soal konstruksi,” kata Frans.

Frans mempertanyakan apa manfaat perubahan konstruksi tersebut. ”Dapat saja Tol Cipularang dibuat landai dengan memutari pegunungan. Namun, jalur tol itu menjadi lebih panjang, waktu tempuh lebih lama, lantas apa manfaatnya,” kata Frans.

Pemerhati transportasi, Rudy Thehamihardja, juga menekankan, tidak seluruh persoalan keselamatan di jalan raya harus dituntaskan dengan pembangunan infrastruktur. (MKN/RYO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com