Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Besok, Puncak Mudik Kapal Laut

Kompas.com - 25/08/2011, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima hari menjelang Lebaran, ledakan pemudik belum terjadi di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok. Lonjakan arus mudik melalui kapal laut diperkirakan baru terjadi besok Jumat (26/8/2011) dan Sabtu (29/8/2011).

Sejak Rabu (24/8/2011) sore hingga Kamis (25/8/2011) pagi memang terlihat puluhan pemudik di ruang tunggu Terminal Penumpang Nusantara Pura. Namun, demikian. Keramaian hanya terjadi pada jam-jam tertentu menjelang keberangkatan kapal saja. Hari ini saja hanya ada satu keberangkatan pada pukul 23.00, yaitu Kapal Laut Srikandi jurusan Jakarta-Pangkal Balam, Bangka.

Manajer Terminal Penumpang Nusantara Pura Suswibowo mengatakan, akhir pekan ini adalah waktu paling tepat bagi para pemudik untuk pulang ke kampung halaman mereka masing-masing.

"Hari Jumat dan Sabtu besok pasti panumpang membeludak hingga kisaran 10.000 orang atau naik 10 kali lipat dibanding hari biasa," ucapnya, Kamis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jumlah penumpang kapal laut tahun ini diprediksi naik sebesar dua persen. Tahun 2010 lalu, jumlah total penumpang kapal laut yang mudik sebanyak 602.395 orang dan tahun 2011 ini diperkirakan naik hingga 614.443 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com