Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Beras Bertahan Karena OP

Kompas.com - 17/08/2011, 17:39 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Operasi pasar yang dilakukan Badan Urusan Logistik (Bulog) Malang sepekan terakhir dinilai menjadi penyebab stabilnya harga beras pada kisaran Rp 8.000 per kg kualitas medium. Bulog menggerojog 1,5 ton per hari, di sejumlah pasar pusat kota Malang seperti Blimbing, Klojen d an Pasar Besar, hingga harga di tingkat konsumen bertahan Rp 8.500 per kg.

Hingga Selasa (16/8/2011), harga beras menurut Ny Muhammad Ajie, pedagang makanan warung makan yang sudah 20 tahun berdagang mengungkap, beras kualitas medium merek mentari yang ia beli seharga Rp 8.500.

Sebelum puasa harga beras yang sama hanya Rp 8.000 per kg. Sulit membuat harga beras bertahan di bulan puasa, kecuali karena adanya operasi pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Imam Santoso menyatakan Bulog mampu menjual beras OP sebanyak 10 ton dengan harga Rp 6.100 per kg selama sepakan ini. "Stok beras dinyatakan aman untuk Malang sampai dengan H+7 Lebaran," kata Imam.

Kepala Bulog Malang Awaluddin Iqbal pekan lalu menjelaskan, informasi harga dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang juga menyebut bahwa pengaruh OP beras oleh armada OP Bulog telah mempertahankan harga di pasaran pada tingkat bertahan atau stagnan. Tindakan OP oleh Bulog ini, sekalipun memenuhi permintaan Pemkab Malang melalui TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) juga diukur melalui serapan pasar.

OP hanya dilakukan jika ada serapan. Jika serapan terhenti, dan pasar bisa berperilaku wajar sesuai dengan permintaan dan suplai, maka OP bisa dihentikan atau ditunda, katanya. Hingga kini kemampuan pasar menyerap beras OP, mencapai 1,5 ton per hari.

Ini menunjukkan bahwa daya beli masyarakat cukup tinggi. Apalagi pada pertengahan bulan puasa pabrik dan kantor mulai merealisasikan pemvberian uang THR, yang akan mendorong meningkatnya kekmampuan belanja atau daya beli masyarakat .

Layanan untuk mendapatkan tingkat harga yang rendah dilakukan tidak hanya terhadap beras, melainkan juga pad a komoditas yang lain, dalam bentuk pendirian pasar murah. "Pasar murah oleh Pemkot Malang diselenggarakan bersama PKK Kota Malang," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com