Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Berkeliling Serap Aspirasi

Kompas.com - 16/08/2011, 03:03 WIB

WASHINGTON, SENIN - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memulai tur kampanye politik tiga harinya ke kawasan utara-tengah (midwest), Senin (15/8). Pejabat Gedung Putih mengatakan, dalam tur kampanye politik menjelang Pemilihan Presiden 2012 kali ini, Obama akan berupaya lebih banyak mendengarkan masukan dari masyarakat.

Tiga negara bagian yang akan disinggahi Obama adalah Iowa, Minnesota, dan Illinois. Pada Pemilihan Presiden 2008, Obama sukses mendulang kemenangan di ketiga negara bagian tersebut.

Tur tiga harinya kali ini sekaligus juga untuk melihat dukungan dan loyalitas pendukungnya di tingkat akar rumput.

Selama ini para rival Obama, terutama dari Partai Republik, menyerang kebijakan Presiden Obama terkait masalah perekonomian. Mereka menganggap Obama ”tidak becus” mengurus pemerintahan.

Tidak hanya Obama, Kongres AS pun selama ini diketahui mengalami penurunan ”popularitas” secara sangat signifikan. Hal itu terutama menyusul ”perkelahian politik” yang sangat buruk antara pemerintah dan kongres terkait penentuan kebijakan peningkatan batas pagu utang negara dan pemotongan anggaran, beberapa waktu lalu.

Rakyat AS saat ini benar-benar sedang berada dalam suasana hati yang sangat buruk. Tidak hanya itu, harga diri rakyat AS pun juga ”terluka” lantaran kebijakan ekonomi pemerintahan Obama dalam menghadapi krisis kali ini justru memelorotkan peringkat utang jangka panjang AS dari AAA menjadi AA+.

Kejadian itu adalah yang pertama kalinya dalam sejarah ”Negeri Paman Sam”. Belum lagi soal tingkat pengangguran yang mencapai 9 persen.

Kampanye tiga hari

Demi menjawab berbagai penilaian buruk terhadap pemerintahannya selama ini, sekaligus ”mengetes” dukungan dan loyalitas akar rumput, Obama pada hari pertama dari tur kampanye politik tiga harinya akan dimulai di kota Cannon Falls, Minnesota.

Direncanakan di sana Obama akan berpidato di depan pertemuan bergaya sidang balaikota. Dari Minnesota Obama melanjutkan tur kampanyenya ke Iowa pada hari yang sama dan mengunjungi kota Decorah dan kemudian menggelar forum ekonomi pedesaan di kota Peosta pada hari Selasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com