Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa dan Pedagang Demo DPRD

Kompas.com - 05/07/2011, 22:46 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Mahasiswa dan pedagang Pasar Raya, Kota Padang, yang menjadi korban gempa pada 30 September 2009 lalu, pada Selasa (5/7/2011) menggelar demonstrasi di pelataran Gedung DPRD Kota Padang.

Sejumlah elemen mahasiswa, seperti UKM Pengenalan Hukum dan Politik Universitas Andalas Padang, Studio Merah Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Padang, dan Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Padang, bergabung bersama puluhan pedagang.

Mereka menuntut dihentikannya pembongkaran kios-kios darurat yang menampung pedagang korban gempa. Mereka juga menuntut pembangunan ulang gedung Pasar Inpres II, III, dan IV di kawasan Pasar Raya. "Kami hanya ingin bangunan itu direhabilitasi, bukan dibangun ulang," kata Safruddin, Ketua Pedagang Pasar Inpres II lantai I.

Ia mengatakan, jika gedung pasar itu dibangun ulang, tak akan ada pedagang lama yang sanggup jika diharuskan menempatinya dengan cara membeli atau membayar ulang.

Juru bicara mahasiswa, Yogi Yolanda, mengatakan, DPRD Kota padang harus tegas menekan Pemerintah Kota Padang dalam kasus tersebut. "Pemerintah Kota Padang harus menyediakan tempat untuk pedagang Inpres I, yang kini jumlahnya sekitar 500 orang dan tanpa tempat setelah dibongkar. Untuk Inpres II, III, dan IV, jika itu menunjukkan arogansi," katanya.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi III DPRD Kota Padang Januardi Sumka mengatakan, pihaknya baru bisa sebatas menerima keluhan dan tuntutan yang ada. "Ini akan kita teruskan pada teman-teman DPRD sesuai dengan kelengkapannya," kata Januardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com