Kamis, 17 April 2014

News / Regional

Jumlah Polisi Di Indonesia Belum Ideal

Jumat, 27 Mei 2011 | 12:53 WIB

Baca juga

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Jumlah polisi di Indonesia saat ini sekitar 395.000 orang atau masih jauh dari angka memadai, sekitar 760.000 orang. Berdasarkan jumlah penduduk Indonesia sekitar 230 juta orang, rasio polisi dengan jumlah penduduk saat ini sebesar satu berbanding 580 orang.

Anggota Komisi I DPR Sidarto Danusubroto seusai acara Rapat Koordinasi Tiga Pilar dan Rapat Koordinasi Bidang Politik Serta Hubungan Antarlembaga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (26/5/2011), mengatakan, idealnya satu polisi melindungi 300 warga.

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menekankan pentingnya kewaspadaan masyarakat sejak tingkat rukun tetangga (RT)/rukun warga (RW). "Dulu, warga biasa melakukan siskamling untuk menjaga keamanan. Aktivitas itu sebenarnya merupakan pengalaman Pancasila dalam bentuk gotong royong," katanya.

"Akan tetapi, kearifan tersebut saat ini sudah kian dilupakan. Masyarakat seakan sekadar ingin keamanan bisa dijaga dengan baik. Akan tetapi, tidak mau tahu situasi lingkungan. Itu yang harus diperbaiki. Jadi, ideologi Pancasila harus dipahami masyarakat," ujar Megawati.


Editor : Benny N Joewono