Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Terbakar, Kebun Warga Terancam

Kompas.com - 09/05/2011, 10:16 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Belasan hektar hutan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat terbakar. Sejumlah warga cemas karena puluhan titik api hingga kini masih terus merambat dan membakar lahan di sekitarnya, termasuk mengancam kebun para petani.

Belum diketahui dari mana sumber api tersebut berasal, namun sejumlah warga menduga kebakaran hutan terjadi akibat ulah sejumlah warga membuka lahan di sekitar lokasi.

Puluhan titik api sejak Senin pagi (9/5/2011) membakar belasan hektar lahan berupa pepohonan di perbuktikan Kecamatan Binuang, Polewali Mandar. Cuaca panas dan angin kencang menyebabkan api dengan cepat merambat ke wilayah hutan lainnya.

Kondisi medan yang berbukit dan terjal menyulitkan warga melakukan pemadaman secara manual. Banyaknya titik api yang menyebar membuat warga di sekitar lokasi kesulitan memadamkan api.

Sejumlah warga termasuk anak-anak mencoba menghalau laju api yang terus merambat dan membakar hutan di sekitarnya. Mereka juga berusaha memadamkan api yang semakin mendekat ke ke lahan kebun mereka dengan cara memukul titik api dengan kayu dan dedaunan agar tidak menjalar.

"Susah dimatikan. Apinya malah tambah besar dan luas," ujar Sudriman, salah satu warga Binuang.

Selain mengkhawatirkan kebun mereka yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari lokasi kebakaran, warga juga takut rumahnya ikut terjilat api.

Menurut sejumlah warga di sekitar lokasi, kobaran api mulai terlihat sejak pukul 8.00 wita pagi tadi. Pemadaman sudah dilakukan namun api tak kunjung padam. Sejumlah warga kewalahan dan berharap api tak mendekati kebun dan rumah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com