Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Gempa Cilacap Pun Terasa di Kendal

Selasa, 26 April 2011 | 14:43 WIB

KENDAL, KOMPAS.com — Gempa bermagnitud 6,3 sekitar pukul 13.40 yang menimpa Cilacap juga terasa di Kendal, Jawa Tengah. Gempa yang lamanya hampir satu menit itu sempat membuat beberapa pegawai negeri sipil berlarian keluar kantor. Bahkan, di antara mereka ada yang harus berteriak karena ketakutan.

"Kami langsung berhamburan keluar setelah tahu lampu di atas bergoyang cukup kencang," kata Karyono, pegawai di Badan Kesatuan Kebangsaan Politik dan Pemberdayaan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Kendal.

Karyono mengaku cukup terkejut ketika kursi yang ia duduki sedikit bergetar. Hal yang sama juga diakui oleh Hendro Purnato, pegawai di Kesbangpolinmas yang lain. Hendro mengaku kaget dan langsung berlari keluar ketika mendengar teman-temannya berlari sambil teriak. "Saya kaget ketika ada teriakan gempa... gempa.... Saya pun langsung berlari," katanya.

Apa yang dikatakan Karyono dan Hendro juga diakui oleh Subarso. Kepala Bidang Politik Badan Kesbangpolinmas itu juga langsung lari keluar ruangan saat merasakan gempa.

Gempa yang terasa di Kendal ini juga mengejutkan beberapa wartawan yang sedang membuat berita di press room, Jalan Soekarno-Hatta, Kendal. Beberapa kuli tinta tersebut berlarian keluar ketika mengetahui meja komputernya bergoyang.

"Saya langsung lari keluar karena kaget. Setelah getaran tidak terasa lagi, saya kembali ke ruangan. Saya lalu mencari beberapa informasi dan tak lama kemudian  mendapatkan kalau ada gempa berkekuatan 6,3 skala Richter di Cilacap," kata Prayudha, salah satu wartawan elektronik.


Editor : Glori K. Wadrianto