Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sekali Ultah, Setelah 490 Tahun

Kompas.com - 16/03/2011, 13:11 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Semarang akhirnya menetapkan tanggal 15 Maret 1521 sebagai hari jadi Kabupaten Semarang, melalui Keputusan Bupati Semarang Nomor 003.3/0168/2011 tanggal 7 Maret 2011. Penetapan itu ditandai dengan pemotongan tumpeng di pendapa rumah dinas Bupati Semarang, Selasa malam kemarin.

Hadir dalam acara itu seluruh unsur Muspida, tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Kabupaten Semarang. Dalam Sambutannya, Bupati Semarang mengatakan momentum penetapan hari jadi ini menjadi penting sebagai ungkapan jati diri dan identitas daerah. 'Hal ini merupakan dukungan untuk terus membangun daerah dan mengentaskan kemiskinan,' katanya.

Sebelumnya Mundjirin mengungkapkan, penetapan ini berdasarkan penelusuran sejarah yang cukup panjang. 'Menurut ahli sejarah tanggal 15 maret adalah tanggal di mana Sunan Pandanaran diangkat menjadi Bupati Semarang pertama oleh Sunan Kalijaga,' ungkapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat, Ki Adi Samidi pada acara itu menegaskan setiap pemerintahan layak untuk mencari dan menetapkan hari jadinya. 'Hari jadi daerah sangat penting untuk dicari dan ditetapkan sebagai salah satu identitas,' ujarnya.

Sementara itu, pada Selasa siang sebelumnya, Bupati H Mundjirin melakukan napak tilas di Dusun Karangkepoh, Desa Pager Kecamatan Kaliwungu. Daerah tersebut merupakan bekas pusat pemerintahan Kabupaten Semarang tahun 1947-1950 pada masa Bupati Sumardjito.

Salah seorang saksi hidup, H Suhartono (86) menceritakan, saat itu Bupati Semarang Sumardjito terpaksa memindahkan pusat pemerintahan dari Semarang ke Karangkepoh untuk menghindari serangan penjajah Belanda. 'Kala itu kantor bupati sekaligus rumah Bupati ditempatkan di rumah Siswo Sumarto yang cukup luas,' jelas mantan anggota pasukan gerilya (pager) desa itu.

Selain tempat tinggal dan kantor Bupati bersama Sekretaris Daerah, lanjutnya, beberapa kantor pemerintahan berada di sekelilingnya. Antara lain kantor pekerjaan umum, dinas sosial, kantor pendidikan dan dinas kesehatan.

Bersama dengan sekitar empat puluh pemuda lainnya, bahu membahu melindungi keberadaan Bupati Sumardjito dari incaran penjajah. 'Aktifitas sehari-hari para pegawai didukung oleh warga setempat termasuk urusan dapur umum,' tambahnya.

Bupati H Mundjirin saat sambutan menyampaikan penghargaan kepada warga Desa Pager atas peran serta mendukung pemerintahan Kabupaten Semarang saat itu. 'Saat ini dukungan warga dapat diwujudkan dalam bentuk partisipasi dalam pembangunan,' tegas Bupati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com