Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Merapi Menyembur Lebih Dahsyat

Kompas.com - 29/10/2010, 13:18 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kesekian kalinya, Gunung Merapi memuntahkan awan panas, Jumat (29/10/2010) sekitar pukul 11.35 WIB. Semburan Merapi ini lebih panjang dengan durasi waktu lebih dari 22 menit. Luncuran awan panas itu menuju ke sebelah barat mengikuti arah angin.

Jarak luncuran tersebut mencapai radius 1,5 kilometer menuju Kali Krasak dan Kali Adem. Namun, dari Umbulharjo, luncurannya tidak kelihatan karena tertutup mendung. "Luncuran baru tidak terpantau karena tertutup awan. Tetapi dapat dilihat dari Klaten," kata Yongki, anggota Basarnas, Jumat (29/10/2010) siang.

Pada semburan kali ini, awan panas wedhus gembel mengarah ke selatan. Dari Pos Babadan, Magelang, terpantau ada api di puncak Gunung Merapi.

Menyusul letusan itu, sejumlah petugas mengendarai ambulans dan Toyota Kijang kapsul naik ke atas untuk memberi tahu masyarakat yang masih berada di atas untuk segera meninggalkan rumahnya menuju posko pengungsian. Sejumlah anggota Brimob berseragam biru tua mengendarai sepeda motor tampak turun dari atas.

Dari pertigaan Umbulharjo, tepat di depan balai desa, petugas keamanan dari Batalion Infantri 403 Wira Sada Pratista, Kentungan, juga melarang warga yang berusaha naik ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com